Presiden Jokowi Terima "Medal of Ghazi Amanullah"

Selasa, 30 Januari 2018 16:33


(ist)

CSR.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima Medal of Ghazi Amanullah dari Presiden Afghanistan Ashraf Ghani saat berkunjung ke sana, Senin, 29 Januari 2018. Penganugerahan dilakukan pada jamuan santap siang kenegaraan di Istana Presiden Arg, Afghanistan.


"Terima kasih atas anugerah Medal Ghazi Amanullah. Medal ini akan menjadi spirit baru upaya meningkatkan hubungan bilateral dan perdamaian,” kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan pers Istana, Senin, 29 Januari 2018.


Pemberian medali ini sebagai penghormatan atas keteguhan dan keberanian Jokowi dalam memajukan hubungan bilateral Indonesia dan Afghanistan, terutama dalam mengupayakan terwujudnya perdamaian di Afghanistan.


Presiden Jokowi menuturkan bahwa setiap orang memiliki hak untuk menikmati perdamaian. Perdamaian, kata dia, harus diupayakan. "Perdamaian bukan situasi yang datang dari langit," tuturnya.


Ia menjelaskan bahwa Indonesia selalu memberikan dukungan terhadap rekonsiliasi dan perdamaian di Afghanistan. Ia mengajak bangsa Afghanistan untuk sama-sama mewujudkan perdamaian. "Marilah kita bergandeng tangan untuk menciptakan dunia yang sejahtera bagi semua,” ucapnya.


Jokowi yakin perdamaian, persatuan, dan pembangunan dapat terwujud ataa rahmat Allah SWT. "Saya senantiasa mendoakan kesehatan Presiden Ghani serta kemakmuran kedua rakyat kita," katanya.


Dalam kunjungannya ke Afghanistan, Presiden Jokowi menegaskan komitmen Indonesia mendukung terwujudnya kedamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan. Salah satu bentuk dukungan itu adalah dengan berlanjutnya pembangunan kompleks Indonesia Islamic Centre (IIC) di Kabul. Rencananya, fasilitas kesehatan akan turut didirikan dalam kompleks tersebut pada tahun ini.


"Klinik kesehatan di kompleks IIC akan mulai dibangun pada musim semi 2018 melengkapi Masjid As-Salam yang telah digunakan oleh masyarakat Afghanistan sejak 2015.


Adapun Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Afghanistan di tengah serangan teror bom yang terjadi di Kabul sejak Sabtu pekan lalu.


(ayb/int)


Berita Terkait
Melly Goeslaw Gelar Konser Amal untuk Palestina di Sumbar
Mengenal Lebih Dekat Kevin Systrom, Si Tampan Pendiri Instagram
Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Terbaik Dunia
Wapres Jusuf Kalla Terima Penghargaan Kebajikan dari KTT WCES
Beckham Bintangi Film Pendek Untuk Misi Kemanusiaan

Please login for commentKomentar
Jaebum
Hebat nih Presiden menerima medali kehormatan dari Presiden Afganistan
emma
perlu keberanian memang berkunjung ke Afhganistan, karena merupakan salah satu negara yang berkonflik,,penghargaan yang sangat bernilai bagi pak jokowi

Event

+ index