Presiden Jokowi Nobatkan Laksamana Malahayati Jadi Pahlawan Nasional

Kamis, 09 November 2017 14:31


Lukisan Keumalahayati atau Laksamana Malahati di Museum Maritim (Museum Bahari) (ist)

CSR.id - Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada empat tokoh yang dinilai memunyai peran penting dalam kemerdekaan RI, di Istana Negara, Kamis (9/11/2017).


Keempat tokoh itu ialah TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dari Nusa Tenggara Barat (NTB); Laksamana Malahayati (Aceh); Sultan Mahmud Riayat Syah (Kepulauan Riau); dan, Lafran Pane (Yogyakarta).


Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional itu tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.


Acara penganugerahan tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2017.


Penganugerahan tersebut memperhatikan Petunjuk Presiden RI kepada Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan berkenaan dengan Hasil Sidang III Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan pada 19 Oktober 2017. Sementara nama keempat tokoh itu sendiri diusulkan oleh Kementerian Sosial RI.


Keempat tokoh tersebut dianggap pernah memimpin dan berjuang dengan mengangkat senjata atau perjuangan politik untuk merebut, mempertahankan, mengisi kemerdekaan, dan mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.


Mereka juga dianggap tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan, serta mengabdi dan berjuang sepanjang hidupnya bahkan melebihi tugas yang diembannya.


Selain itu, mereka juga dinilai pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara, hingga pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa.


Para tokoh tersebut juga dianggap memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi hingga perjuangannya dinilai berdampak luas di kalangan masyarakat.


Hadir dalam acara penganugerahan tersebut keluarga ahli waris keempat tokoh, para Menteri Kabinet Kerja, dan para pejabat seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD Oesman Sapta.


(ayb/int)


Berita Terkait
Mayjen TNI Doni Monardo Resmi Pimpin Kodam III/Siliwangi
Kevin Lilliana dari Indonesia Jadi Juara Miss International 2017
Messi Sumbangkan Uang Hasil Menang Gugatan ke Badan Amal
Inilah Tokoh Penting Sumpah Pemuda yang Harus Selalu Kamu Ingat
Kapolri Tito Karnavian Dikukuhkan Jadi Guru Besar STIK

Please login for commentKomentar
xx
suatu kehormatan bisa di nobatkan sekarang ini oleh presiden sekarang, kemana presiden yang lama lama tidak bisa melihat hal ini
emma
dijaman era modern ini, ternyata msh ada pejuang di jaman dulu yg kembali dinobatkan menjadi pahlawan nasional..krn hal itu patut diberikan, mengingat perjuangan mereka pd saat itu
Renny
gw baru denger namanya, kalo memang sangat berpengaruh terhadap negara ya patut dihargai. bisa dijadikan pahlawan.-r-
sumaryani
ya klo orang sudah berjuang demi kemerdekan indonesia,ya harus di sebut pahlwan donk, kan berkat jasa belio indonesia bisa merdeka.

Event

Seito Trick or Treat Fest29 Oktober 2017 - 29 Oktober 2017
Job Fair Mangga 2 Square24 Oktober 2017 - 25 Oktober 2017
SDGs Walk for Action22 Oktober 2017 - 22 Oktober 2017
Mixing Henna Natural Class22 Oktober 2017 - 22 Oktober 2017
+ index